Clock By Blog Tips

Monday, July 16, 2012

Taiwan Berniat Perpanjang Landasan Pacu di Spratly


Taiwan sedang mempertimbangkan akan memperpanjang landasan pacu di pulau Spratly, langkah yang dikhawatirkan akan memicu ketegangan baru di Laut China Selatan -- wilayah maritim yang diperebutkan oleh beberapa negara, kata laporan media setempat, Minggu (15/7). Jika disetujui, proyek tersebut akan membuat landas pacu bandara di Pulau Taiping lebih panjang 500 meter.

Pulau Taiping terbesar di perairan yang disengketakan dan terletak sekitar 1,4 kilometer dari Taiwan, kata laporan Liberty Times.

"Pihak-pihak berwenang keamanan nasional belakangan ini menyelenggarakan sebuah pertemuan untuk mengevaluasi proposal proyek kendati situasi di Laut China Selatan makin rumit," kata media tersebut dengan mengutip sumber di kantor keamanan nasional. 

Ketegangan di Laut China Selatan baru-baru ini meningkat saat China dan Pilipina terkunci dalam perselisihan maritim menyangkut Dangkalan Scarborough di perairan Pilipina.

Landas pacu, yang saat ini memiliki panjang 1.150 meter itu, dibangun pada 2006 walaupun diprotes oleh negara-negara pengklaim Laut China Selatan, termasuk Vietnam, Brunei, China, Malaysia dan Pilipina.

Seruan bagi peningkatan kemampuan pertahanan Taiwan di wilayah yang disengketakan itu meningkat sementara negara-negara pengklaim lainnya telah mengerahkan lebih banyak pasukan serta menambah fasilitas-fasilitas militer di wilayah tersebut.

Mei lalu, para penjaga pantai Taiwan mengatakan bahwa kapal-kapal penyusup Vietnam tahun lalu berdatangan hingga jumlahnya mencapai 106 kapal, yang tadinya hanya berjumlah 42 pada tahun sebelumnya. 


Sumber : Analisa

0 komentar:

Post a Comment