Clock By Blog Tips

Wednesday, July 18, 2012

Korut Tunjuk Wakil Panglima Militer Baru



Pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un di hadapan pasukan militer Korut.

Korea Utara menunjuk Hyon Yong-chol sebagai wakil panglima militer yang baru, demikian kantor berita Korut, KCNA.

Penunjukan Hyon diambil sehari setelah panglima militer, Ri Yong-ho, dicopot dari semua jabatan resminya karena alasan “sakit”.

Menurut KCNA, keputusan itu dibuat oleh Komisi Militer Pusat, Partai Buruh Korea serta Komisi Nasional Pertahanan Korut.

Tetapi keterangan ini tidak menyebut apakah Hyon akan mengambil alih secara penuh kepemimpinan militer Korut yang diduduki empat panglima.

Selain merupakan anggota komite pusat partai yang terdiri 120 orang, tidak banyak yang tahu tentang sosok Hyon, .

Hyon sebelumnya merupakan salah seorang dari empat wakil panglima militer Korut.

Wartawan BBC Lucy Williamson di Seoul, Korsel, melaporkan, penunjukan Hyon sebagai wakil panglima militer menunjukkan bahwa dia bakal bersinar dalam perpolitikan Korut.

Kalangan pengamat, lanjut Lucy, masih menunggu apakah Hyon akan mendapatkan promosi lanjutan sebagai panglima militer, jabatan yang sebelumnya diduduki Ri Yong-ho. 

Sebelum dicopot dari jabatannya, Ri ditunjuk sebagai panglima militer tiga tahun lalu oleh Kim Jong-il, pemimpin Korut saat itu, yang meninggal pada Desember 2011.

Sebagai panglima militer, Ri secara teratur muncul dalam acara-acara kenegaraan, mendampingi Kim Jong-il.
Ri Yong-ho dikenal pula sebagai salah satu dari tujuh pejabat tinggi yang menemani Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korut sekarang, saat mengikuti mobil jenazah yang berisi jasad ayahnya menuju tempat pemakaman
Ri secara luas dianggap sebagai tokoh dalam lingkaran pemimpin Korut yang baru dan berperan membantunya dalam memperkokoh posisi kekuasaannya.

Alasan di balik pencopotan Ri, bagaimanapun menimbulkan spekulasi dan mengundang analisa para pengamat tentang kiprah kepemimpinan Kim Jong-un, pemimpin tertinggi Korut saat ini, yang dipandang kurang berpengalaman.


Sumber : incafnet

0 komentar:

Post a Comment