Clock By Blog Tips

Wednesday, July 18, 2012

AL AS Tembak Kapal Nelayan India di Lepas Pantai UEA, Seorang Tewas

(AP/MC3 Daniel Meshel, US Navy). Gambar yang dikeluarkan oleh Angkatan Laut AS tanggal 19 Juni 2012 memperlihatkan USNS Rappahannock (kanan) tengah berlayar di Laut Merah. Kapal tersebut, Selasa (17/6), menembak kapal nelayan India.

Tentara AS di kapal pengisi BBM Angkatan Laut AS melepaskan tembakan ke kapal motor kecil di lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (17/7), setelah kapal itu mengabaikan peringatan agar tidak mendekat. Seorang pejabat pertahanan AS yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan satu orang tewas dan tiga lain cedera dalam penembakan itu.

Ia menambahkan kapal itu diyakini melaju menjauhkan diri setelah penembakan tersebut.

Jurubicara Komando Pusat Angkatan Laut AS menolak berkomentar mengenai korban dan menyerahkan masalah itu kepada pihak berwenang di UEA. Para pejabat di negara itu tidak bisa dihubungi untuk diminta keterangan mereka.

Kapal motor itu mengabaikan serangkaian peringatan agar berhenti ketika bergerak mendekati kapal AS Rappahannock di perairan dekat pelabuhan Jebel Ali, UEA, kata Komando Pusat Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

"Awak kapal AS berulang kali berusaha memperingatkan operator kapal itu agar tidak mendekat," katanya, dengan menambahkan bahwa insiden itu kini masih diselidiki.

Angkatan Laut AS memperkuat pasukan di kawasan kaya minyak itu sejak terjadi ketegangan dengan Iran pada Desember menyangkut program nuklirnya, dan Teheran telah mengancam menutup Selat Hormuz yang strategis di Teluk selatan.

AS menempatkan dua kapal induk pesawat di kawasan itu -- USS Abraham Lincoln dan USS Enterprise -- dan melipatgandakan armada penyapu ranjau di daerah tersebut dari empat menjadi delapan kapal pada 23 Juni.

Penempatan itu bertujuan mengirim pesan tegas kepada Iran menyangkut ancamannya untuk meranjau Selat Hormuz, yang dilewati oleh sekitar seperlima minyak dagang dunia.

Sementara itu, India menyerukan Uni Emirat Arab Selasa (17/7), untuk menyelidiki penembakan fatal itu, kata kementerian luar negeri India.

Duta besar India untuk negara kaya minyak tersebut telah meminta pemerintahan UEA untuk menyelidiki keadaan sebenarnya insiden tragis itu, kata jurubicara kementerian Syed Akbaruddin.

Ia menambahkan bahwa kedubes India di Washington menghubungi badan berwenang di AS dan menjanjikan "penyelidikan penuh", sementara duta besar AS untuk New Delhi Nancy Powell telah menelepon "untuk menyampaikan rasa penyesalannya atas jatuhnya korban jiwa".

Para pengamat mengatakan Washington akan berupaya keras untuk mengetahui adanya dampak diplomatik terhadap hubungan mereka dengan India, dimana mereka mencoba untuk mempromosikan diri sebagai sekutu penting Asia untuk mengimbangi pengaruh China dan sebagai satu pasar ekspor baru bagi perusahaan AS.

Pejabat pertahanan AS mengatakan kapal nelayan itu telah mengabaikan peringatan untuk tidak mendekati kapal pengisi BBM USNS Rappahannock, dan bahwa pelaut di atas kapal Amerika mengkhawatirkan kapal nelayan tersebut melakukan sebuah ancaman.

Kedutaan AS di New Delhi telah mengeluarkan wpernyataan yang menyampaikan "permintaan maaf AS kepada keluarga kru kapal yang menjadi korban" namun mengatakan mereka tidak memperdulikan peringatan dan mendekati kapal AS dengan cepat.(Ant/Rtr/AFP/echo)


Sumber : Analisa

0 komentar:

Post a Comment