Clock By Blog Tips

Thursday, February 2, 2012

Delegasi Tentara Laut Malaysia Kunjungi Kobangdikal


Surabaya, Empat delegasi dari markas pendidikan dan latihan Tentara Laut Diraja Malaysia melakukan kunjungan persahabatan ke markas Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut di Surabaya, Rabu.

Kehadiran delegasi Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) yang dipimpin Ketua Juru Latih Kapal Diraja Sultan Idris 1, Mochammad Noorizal Bin Fahrudin, diterima oleh Direktur Pendidikan Kobangdikal Kolonel Laut (P) Hadi Susilo beserta sejumlah petinggi lainnya.

Kepala Bagian Penerangan Kobangdikal Mayor Laut (KH) Rohman Arif menjelaskan, delegasi TLDM melakukan pembicaraan dan tukar pengalaman tentang pendidikan militer angkatan laut dengan pimpinan Kobangdikal.

"Dalam kesempatan itu juga dibicarakan kemungkinan dilakukannya kerja sama kedua negara, khususnya seputar dunia pendidikan angkatan laut," katanya.

Selepas melakukan pembicaraan, empat delegasi TLDM meninjau Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata, serta beberapa sarana lain, seperti peralatan simulator kapal perang dan Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia.

Mereka juga melihat simulasi latihan penanggulangan kebakaran dan kebocoran kapal yang dilakukan siswa Kobangdikal.

"Sarana pendidikan TNI Angkatan Laut Indonesia sudah cukup lengkap dengan area pendidikan yang luas dan memadai. Sarana pendidikan yang kami miliki tidak sebesar ini," kata pimpinan delegasi TLDM, Mochmmad Noorizal.

Ia mengatakan, lembaga pendidikan milik TLDM bermarkas di Kuala Lumpur, sedangkan pusat latihannya berlokasi di Lumut, berupa Kapal Diraja Sultan Idris I untuk pendidikan perwira, Kapal Diraja Plando (bintara dan tamtama).

Sementara Kapal Diraja Sultan Ismail yang berada di Johor digunakan untuk latihan dasar kemiliteran.


Selain ke Kobangdikal, empat perwita TLDM itu juga mengunjungi Akademi TNI Angkatan Laut yang diterima Gubernur AAL Laksda TNI Agus Purwoto, Seklem AAL Kolonel Laut (S) Heru Wiratno, dan Komandan Resimen AAL Kolonel (Mar) Joko Supriyanto.

Kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih dari satu jam ini bertujuan untuk saling bertukar pendapat dan mempererat hubungan ke dua negara yang telah terjalin baik selama ini terutama antara TNI AL dan Tentara Laut Diraja Malaysia.

Selama di AAL mereka mendapat penjelasan tentang proses pendidikan yang diterapkan di AAL. "Di lembaga inilah para calon perwira TNI AL dididik dan dilatih untuk disiapkan menjadi perwira yang dapat diandalkan, profesional, dan bermoral serta berdedikasi tinggi," kata Agus Purwoto.


Sumber : Antara

0 komentar:

Post a Comment