Clock By Blog Tips

Thursday, December 16, 2010

Lebanon Sikat Dua Peralatan Canggih Israel


BEIRUT - Militer Lebanon, Rabu (15/12), telah menyita dua peralatan pengintai canggih milik Israel di pegunungan di atas kota Beirut. Peralatan itu dapat membantu Israel memantau dan mengincar berbagai tempat untuk diserang.

"Peralatan tersebut ditemukan dengan memanfaatkan keterangan yang yang diberikan kepada dinas intelijen Lebanon oleh beberapa sumber," kata militer Lebanon di dalam satu pernyataan. Militer Lebanon merujuk kepada kelompok gerilyawan Syiah, Hizbullah.

Militer Lebanon menyatakan Israel telah berencana memasang peralatan itu di Sanin dan Barouk, kabupaten yang berada di gunung masing-masing di sebelah utara dan selatan ibu kota negeri tersebut. Peralatan itu dapat menetapkan koordinat sasaran dan meliputi laser yang mampu mencapai jarak 20 kilometer, pemasok listrik lepas, dan peralatan untuk mengirim gambar.

Satu sumber militer mengatakan peralatan tersebut yang disita pada Rabu juga diduga telah digunakan untuk memantau banyak wilayah perbatasan Lebanon dengan tetangganya, Suriah. Gambar yang disiarkan di jejaring militer (www.lebarmy.gov.lb) memperlihatkan peralatan yang sebagian tertutup batu di lereng bukit batu.

Tak lama setelah pengumuman militer, beberapa pesawat tempur Israel terbang rendah di atas beberapa kota kecil di Lebanon selatan, kata warga setempat. Namun militer Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, "Tak ada kegiatan (militer) yang tak biasa di daerah itu." (Rtr/OL-5)

MI

0 komentar:

Post a Comment