Clock By Blog Tips

Monday, May 28, 2012

Mahfudz Shidiq: Kehadiran Militer AS di Kawasan Asia Picu Ketegangan


Peningkatan kehadiran militer Amerika Serikat di kawasan Asia Tenggara tidak bisa dihindari dan memicu ketegangan di kawasan itu, termasuk latihan militer yang dilakukan antara Amerika dengan Filipina maupun Korea Selatan yang semakin memicu ketegangan terutama dengan Korea Utara serta China.

"Saya sudah sampaikan bahwa kita harus mampu mengingatkan Amerika untuk tidak secara sepihak memperkuat kehadiran militernya, tetapi justru merugikan negara-negara kawasan dan memicu ketegangan," kata anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Mahfudz Sidik di sela-sela acara milad PKS dan pengumuman lima bakal calon bupati Cirebon dari PKS di Wisma Haji Watubelah, Sumber, Minggu (27/5/12) siang.

Menurut dia, Asean harus bisa mengambil posisi yang jelas. Meskipun Amerika penting dalam kawasan ini, termasuk Indonesia, tetapi China juga penting bagi kawasan dan Indonesia. Oleh karenanya, China dan Amerika harus diperlakukan secara seimbang oleh Indonesia.

Indonesia tidak boleh condong terhadap salah satu di antaranya, tetapi justru dengan opengalaman kepemimpinan di Asean, mengkhususkan kepentingan masing-masing secara seimbang, jangan terkouptasi salah satu di antara mereka.

Diakuinya, yang sedang didorong oleh Indonesia di Forum Asean adalah menyelesaikan konflik kawasan dengan cara damai. Di satu sisi kita sedang mengedepankan dialog dan mengutamakan damai terhadap negara-negara yang berkonflik. "Kita juga tekan mereka untuk tidak memperkuat kehadiran militer mereka di kawasan ini," kata Mahfudz.

Terkait pesawat komersial Sukhoi, Mahfudz menduga ada hubungannya dengan Amerika Serikat. Karena, ada pernyataan dari intelijen Rusia yang mensinyalir kemungkinan sabotase yang dilakukan pihak Amerika terhadap penerbangan peswat Sukhoi hingga terjatuh di Gunung Salak Bogor, dengan alasan kompetisi bisnis.

Pada acara tersebut DPD PKS Kabupaten Cirebon mengumumkan kelima bakal calon Bupati Cirebon, masing-masing, Nasirudin (Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon), Junaedi (Sekretaris), Nurul Ain Akyas (Ketua Bidang Pembinaan Umat), Ahmad Aidin Tamim (Ketua Bidang Kebijakan Publik DPD PKS Kabupaten Cirebon) dan Elang Kusnandar Prijadikusuma (mantan anggota DPRD dari Fraksi PKS Maluku Utara.

‎​Milad PKS dihadiri Wabup Cirebon Ason Sukasa, Ketua MUI KH. Ja'far Aqiel Siradj, Ketua DPC Hanura Kab Cirebon, Rakhmat, Wakil Ketua DPC PDIP Suhendi, serta 1.000 kader PKS.
 
 
Sumber : Pikiran-Rakyat
 

0 komentar:

Post a Comment