Clock By Blog Tips

Tuesday, November 15, 2011

Jerman Tolak Intervensi Militer di Iran


Brussels - Pemerintah Rusia dan China dengan tegas menolak intervensi militer atas masalah nuklir Iran. Pemerintah Jerman pun memiliki sikap yang sama.

Pernyataan sikap pemerintah Jerman itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Guido Westerwelle setibanya di Brussels, Belgia.

"Kami tidak ambil bagian dalam pembicaraan mengenai intervensi militer," kata Westerwelle seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (14/11/2011).

"Kami yakin pembicaraan seperti itu kontra-produktif dan kami menolaknya," tandas pejabat tinggi Jerman itu yang berada di Brussels untuk mengikuti pertemuan para Menlu Uni Eropa.

Spekulasi serangan Israel ke Iran kian berhembus kencang setelah pekan lalu, Presiden Israel Shimon Peres mengatakan bahwa kemungkinan serangan Israel atas fasilitas nuklir Iran kini semakin mungkin. Terlebih setelah dirilisnya laporan Badan Tenaga Atom Internasional alias IAEA yang menyebutkan adanya bukti kredibel mengenai riset senjata nuklir yang tengah dilakukan Iran.

Negara-negara Barat selama ini mencurigai Iran diam-diam berupaya memproduksi senjata nuklir lewat program nuklir yang dijalankannya. Namun pemerintah Iran terus membantahnya. Ditegaskan Iran bahwa program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi bagi kepentingan rakyat sipil.


Sumber : Detik

0 komentar:

Post a Comment