Clock By Blog Tips

Monday, June 13, 2011

Korsel Kerahkan Helikopter Apache Dekat Korut


Seoul - Korea Selatan bersiap menggelar helikopter-helikopter Apache di pulau perbatasan untuk menghadapi serangan-serangan Korea Utara setelah Pyongyang November lalu menembaki sebuah pulau garis depan lainnya, demikian menurut laporan kantor berita Yonhap mengutip pernyataan seorang sumber militer, Minggu (12/6).

Militer Korea Selatan (Korsel) tengah membangun hanggar-hanggar untuk menampung beberapa helikopter tempur di pulau Baengnyeong dekat perbatasan maritim yang tegang di Laut Kuning.

Pada Oktober 2012, militer Korsel akan memiliki 36 helikopter tempur Apache yang dipersenjatai dengan rudal-rudal dan roket-roket, beberapa diantaranya akan digelar di pulau paling terdekat dengan perbatasan yang disengketakan dengan Korut itu, kata Yonhap.

Media lokal memberitakan Korut baru-baru ini membangun satu pangkalan angkatan laut baru di Goampo, sekitar 50km utara Baengnyeong yang dapat mengirim sekitar 60 pesawat ampibi dengan para komando militer di dalamnya ke Korsel.

"Kami sekarang membutuhkan helikopter-helikopter tempur besar sejak Korut membangun pangkalan angkatan laut yang lebih besar ketimbang yang kami duga sebelumnya, yang dapat menimbulkan ancaman lebih besar bagi penyusupan," kata satu sumber yang dikutip Yonhap.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan mengatakan pihaknya sedang berusaha memperkuat kehadiran militer dekat perbatasan itu, tetapi menolak menjelaskan lebih jauh.

Perbatasan Laut Kuning menjadi ajang bentrokan angkatan laut yang menelan korban jiwa antara kedua Korea tahun 1999, 2002 dan November 2009.

Salah satu dari lima pulau perbatasan -- Yeonpyeong -- ditembaki Korut dengan artileri yang menewaskan empat warga Korsel termasuk dua marinir.
 
 
 
 
 
 
Analisa

0 komentar:

Post a Comment