Clock By Blog Tips

Friday, June 10, 2011

China Mulai Produksi Kapal Induk


Hongkong - Seorang pejabat penting militer China mengkonfirmasikan bahwa Beijing sedang membangun satu kapal induk. Ini merupakan pengakuan pertama dari angkatan bersenjata China tentang keberadaan kapal itu.

Kapal itu kini berpangkalan di kota pelabuhan Dalian. Kapal yang menurut seorang pakar militer China dapat digunakan untuk latihan dan sebagai satu model bagi kapal yang dibangun sendiri China masa depan, semula dibangun untuk angkatan laut Soviet. Pembagunan itu terhenti akibat tumbangnya Uni Soviet tahun 1991.

Surat kabar Hong Kong itu yang mengutip sumber-sumber yang tidak disebut namanya mengatakan kapal induk itu akan diluncurkan akhir Juni paling cepat.

Qi Jianguo, asisten kepala staf umum PLA mengemukakan kepada surat kabar itu kapal tersebut tidak akan memasuki perairan-perairan negara lain,sesuai dengan strategi pertahanan militer Beijing.

"Semua negara besar di dunia memiliki kapal-kapal induk— itu adalah simbol arti satu negara besar," katanya.
Tetapi China terlibat dalam sejumlah pertikaian wilayah maritim.

China mengklaim hak-hak atas pulau-pulau Spratly yang disengketakan di Laut China Selatan, dan menyatakan kapal-kapal angkatan laut asing tidak dapat berlayar melalui daerah itu tanpa izin Beijing.

September, Jepan dan China terlibat persengketaan menyangkut Kepulauan Senkaku, dikenal di China sebagai Kepulauan Diaoyu yang terletak di Laut China Timur.

April, Laksamana Robert Willard, kepala Komando Pasifik AS mengatakan angkatan laut China menerapkan sikap kurang agresif di Pasifik setelah protes-protes dari Washington dan negara-negara lain di kawasan itu.

PLA — tentara terbesar di dunia— sangat merahasiakan soal program pertahanannya, yang mendapat anggaran militer besar karena pertumbuhan ekonomi yang meningkat negara itu.
 
 
 
 
 
 
Analisa

0 komentar:

Post a Comment