Clock By Blog Tips

Monday, January 24, 2011

Pesawat Siluman Cina J-20 Diduga Mencontek Pesawat AS F-117

Pesawat Siluman Cina J-20

BRUSSELS - Sejumlah pejabat militer negara Balkan mengungkapkan fakta baru terkait dengan keberadaan pesawat siluman Cina J-20 yang kekuatannya diprediksi lebih canggih daripada pesawat AS F-22 dan F-35, yang kini produksinya dihentikan sementara akibat masalah finansial.

Seperti dikutip AP, Minggu (23/1), pesawat siluman Cina tersebut dibuat berdasarkan teknik reka ulang dari pesawat America F-117 Nighthawk yang tertembak saat NATO memborbardir Serbia pada 27 Maret 1999 akibat negara itu menganeksasi Kosovo. Saat itu, kata pejabat militer Kroasia, Laksamana Davor 

Domazet-Loso, pesawat militer Serbia berhasil menembak jatuh F-117 tersebut. Jatuhnya pesawat tersebut sangat mengejutkan dia dan rekan-rekannya. Pasalnya, F-117 termasuk pesawat siluman era pertama.

Pesawat AS F-117
 
"Tapi, ketika itu, pesawat Serbia berhasil merontokkannya. Ini pertama kali pesawat siluman bisa jatuh ditembak. Soalnya, kan pesawat jenis itu seharusnya tidak kelihatan pergerakannya. Bisa dengan muda lolos dari radar," ujar Davor yang saat perang Kosovo terjadi, menjabat sebagai komandan militer Kroasia. 
(PRLM)

0 komentar:

Post a Comment