Clock By Blog Tips

Wednesday, August 1, 2012

Pakistan Sepakati Peraturan Pasokan NATO

Truk pertama yang membawa suplai logistik pasukan NATO melintasi perbatasan dari Pakistan menuju Afganistan di Chaman, Pakistan, di bawah kawalan ketat tentara penjaga perbatasan, Kamis (5/7). Truk yang membawa suplai logistik NATO ke Afganistan bisa berjalan setelah Islamabad menghentikan blokade penutupan perbatasan yang berlangsung selama tujuh bulan. Pakistan menutup perbatasan darat mereka dengan Afganistan sebagai protes atas tewasnya 24 prajurit mereka oleh serangan pesawat udara Amerika Serikat, November 2011.

Pakistan, pada Selasa (31/7/2012),  menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat mengenai pengaturan iringan NATO memasok perbekalan tentaranya di Afganistan.
   
Islamabad setuju membuka kembali jalur darat pasokan NATO ke tetangganya itu, yang dilanda perang, pada awal bulan ini setelah mereka menutup tujuh bulan sebagai protes atas serangan udara AS, yang menewaskan 24 tentara Pakistan.
   
Kesepakatan itu merupakan bagian dari upaya "perang melawan teror" sekutu untuk menambal perpecahan hubungan mereka yang merosot ke dalam krisis tahun lalu, selama serangan udara dan penemuan atas  persembunyian tokoh Al Qaeda  Osama bin Laden di Pakistan.
   
Pedoman-pedoman yang ditetapkan oleh parlemen Pakistan awal tahun ini bersikeras bahwa di masa depan hanya pasokan yang tidak mematikan yang boleh diangkut melalui negara itu, meskipun para pejabat Barat mengatakan ini tidak pernah terjadi pada tahap pertama.
   
Seorang pejabat keamanan Pakistan mengatakan, sebagaimana warta AFP, kesepakatan itu memberikan Islamabad hak untuk menolak suatu  pengiriman dan chip-chip radio khusus akan dipasang di semua kontainer untuk pemantauan.
   
Richard Hoagland, diplomat Amerika Serikat paling senior saat ini di Pakistan, yang menandatangani perjanjian itu atas nama Washington, menyambut penandatanganan tersebut sebagai satu demonstrasi dari meningkatkan transparansi dan keterbukaan antara kedua pemerintah.



Sumber : Kompas

1 komentar:

Unknown said...

play now: tips on fallout shelter
actions games 3d

Post a Comment